Pages

Kamis, 13 September 2007

Gempa Bengkulu, di awal Ramadhan

Semalam, pada saat saya bersiap untuk berpuasa esok harinya, terkejut dengan flasnews dari BMG. Pemberitahuan BMG muncul ditengah penayangan sinetron di salah satu TV swasta. Bahwa gempa terjadi pukul 18:100 berkekuatan 7,9 SR terjadi di 4,67LS – 101,13BT atau 159 Km arah barat daya kota Bengkulu dengan kedalaman 10Km di dasar laut. Berpotensi tsunami.

Pengumuman terjadinya gempa baru muncul 10mnt kemudian itu, membuat saya kaget dan heran karena saya tidak merasakan sedikitpun getaran. Mungkin karena aktifitas saya ya.

Saya langsung berburu berita, tangan tak lepas dari remaote mencari berita aktualnya. Memang gempa itu terasakan hingga Jakarta (II-III MMI), terutama di gedung-gedung bertingkat.

Pemberitahuan dari BMG, tersebut dilakukan disela-sela acara tv merupakan himbauan. Untuk siapa saja yang didaerah pesisir pantai yg berbatasan langsung dengan samudera Hindia waspada, karena berpotensi tsunami. Menurut BMG tsunami diperkirakan menerjang pantai 30-60 menit kemudian. Berita ini yang saya tunggu. Namun higga jam 17:00 tsunami itu tidaka datang. Ada kenaikan air laut tapi tidak tsunami.

Ini sungguh memilukan, memngingat besok harinya awal kita umat muslim berpuasa. Gempa ini membuat daerah terdekat dengan gempa rusak. Berapa parah dan berapa luas gempa sampai sekarang saya belum tahu. Masih berburu beritanya. Bagi muslim yang tertimpa musibah ini, mungkin tidak bisa atau tidak khusuk menjalankan ibadah puasanya. Mungkin menjadi Ramadhan yang berat tahun ini.

Saya berharap dan berdoa buat saudara-saudara kita yang tertimpa musibah ini, agar kuat dan tabah menjalaninya. Ramadhan ini akan terasa berat, tapi semoga Allah berkenan melimpahkan segala kemulyaan dan kekuatan bagi mereka. Saya hanya bisa berdoa. Sementara ini hanya itu yang saya bisa.

Ya Allah, kami tahu ujian apapun yang Kau berikan pada kami, adalah jalan untuk makain kami percaya dan yakin atas Engkau. Pastikan kami ya Allah, kuat menjalani cobaan Mu kali ini. Semoga segala rahmat dan berkah RamadhanMu melimpahi kami semua. Amin.
Berikut saya cantumkan data gempa-gempa yang terjadi kemarin hingga pagi ini, sumber dari BMG.




Tidak ada komentar:

Ads