Pages

Selasa, 11 September 2007

Kenapa Suka Boneka Jepang?

Klo ditanya saya, kenapa sih senang dengan Boneka Kertas Jepang?
Susah, mahal, susah pulak (pake logat teman saya yang orang Batak)

Sulit saya jawabnya, mungkin sama dengan pertanyaan kenapa sih suka mancing?
Kenapa suka mobil langka, kenapa suka warna pink, atau kenapa suka belanja?

Mungkin saya bisa certain awal musababnya
Saya suka pernak-pernik Jepang, bersamaan waktunya ketika saya suka kartun Doraemon tayang di RCTI. Waktu itu saya baru kelas 5 ato 6 SD. Lupa sebabnya Jadul banget.
Tapi klo suka wanita Jepang berkimono jauh sebelum itu, waktu TK deh rasanya.

Dari sana saya kenal sakura, Hinamatsuri, Hanami dan sedikit budaya Jepang. Terus mulai deh banjir komik2 Jepang ditanah air.
Saya sebut satu2 komik idola saya, mulai Sailor moon, Candy-Candy, dan …… apalagi ya, ada yang inget tidak ya? Topeng Kaca?

Oh ya …terus ada telenovela Jepang, Oshin ( ini waktu SD) terus Tokyo Love Story (wah yg satu ini romantic banget yach), Ordinary People, apa lagi coba…. .

Semenjak itulah saya cari tahu budaya Jepang.
Pertemuan saya dengan Boneka Jepang ini bermula dari Kurumi-e atau Oshie washi.
Terus merembet ke washi-kertas Jepang. Dari sini saya baru tahu klo ada boneka Jepang yang terbuat dari kertas Jepang ini.

Karena penasaran, masak sih boneka Jepang yang cantik-cantik itu terbuat dari kertas. Mulailah pencarian saya terus dan terus……. Akhirnya saya jatuh hati. Coba belajar ingin bisa buatnya, dan keterusan samapai jadi amaniak arghhhhh.
Akhirnya saya berani (atau memberanikan diri) untuk mencapkan bendera (apo sih iki rek) memproklamirkan diri sebagai pembuat Boneka Kertas Jepang. Pede abissssssss :)

Kira-kira terjawab tidak pertanyaan diatas ya? Well sepertinya hanya saya saja yang mengerti. Teman saya yang baca hanya manggut-manggut. Mengerti? Belum jaminan. Hee……he…..he…

Salam
Catur
http://dievascraft.com/

Tidak ada komentar:

Ads